Senin, 24 Desember 2012

KHOTBAH PERPISAHAN


PEMIMPIN PILIHAN
YOSUA 1:1-9

Bapa/Ibu , SJ/yang saya kasihi di dalam Tuhan Yesus Kristus,
Bagi Yosus, suka atau tidak suka, tugasnya sebagai pemimpin yang akan memimpin  Israel untuk bisa sampai ke tanah Kanaan harus ia lakukan sebagai sebuah tanggungjawab yang besar. Dan sudah dapat dipastikan bahwa tantangan yang dihadapi juga pasti lebih besar dengan resiko yang bisa saja merenggut jiwanya dan juga orang-orang Israel yang ia pimpin. Namun kendatipun demikian, Allah telah menyatakan kepada Yosua, bahwa tidak akan ada yang bisa dan sanggup menghadapinya karen Allah akan menyertainya seperti ia telah menyertai Musa.
Nah,  saat ini, Pa’ Kusno Pranoto, dan keluarga akan mutasi/pindah dari tempat ini, dari Jemaat GKE Tumbang Lahung, untuk menjalani tugasnya sebagai seorang pemimpin baru yang juga memiliki tugas yang besar. Tentunya menjadi seorang pemimpin, tidaklah semudah membalik telapak tangan, menjadi pemimpin berarti beliau juga harus mampu menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan keluarga. Ini sungguh berat.
Saudara-saudara, ketika Yosua diangkat menjadi pemimpin bagi Israel, maka tentu hal tersebut diawali dari sebuah perjalan panjang, pengasahan ilmu dan ditunjang oleh trek record  yang baik, maka ia dipilih. Disini ada beberapa hal yang yang perlu kita perhatikan bersama:
1.       Dalam hal ini, belajar terus untuk melakukan yang baik, tentu merupakan sebuah pembentukan karakter yang sangat baik kalau kita ingin menjadi dan diangkat menjadi pemimpin. Dengan demikian, maka kita akan lebih siap dan mampu berkompetisi untuk memberikan yang terbaik bagi dunia ini.
2.       Percaya bahwa Tuhan akan selalu memegang tangan kita disaat kita kuat atau lemah, ia akan selalu menyertai kita kemanapun kita akan pergi dan berkarya.
3.       Melakukan perintah Tuhan dan menjalani tugas dengan penuh tanggungjawab, maka Tuhan pasti akan melimpahkan segala berkatNya untuk kita.
 Jadi, melalui firman Tuhan ini, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan, bahwa:
Untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat dipilih dan dipercaya kita harus terus belajar untuk selalu melalukan yang terbaik di dalam kehidupan kita.
Kepercayaan akan diberikan, tanggungjawab yang kecil sudah kita lakukan, maka tanggungjawab yang besar pasti menanti kita.
Namun jangan pernah kuatir akan setiap pekerjaan yang telah diberikan, karena Tuhan akan menolong kita dalam berkaya.
Percayakan hidup kita kepadaNya, maka Ia akan menyediakan berkat-berkatNya dengan limpahnya kepada kita. Amen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar